PROSIDING SENDIKA 2017
Prosiding ini merupakan produk dari Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA) 2017 dengan tema Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Abad 21 yang Berkemajuan.
Prosiding ini disajikan menjadi beberapa bagian dari subtema. Pertama, menyajikan Penerapan K13 Berbasis Karakter dan Budaya Lokal. Kedua, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Peningkatan Daya Saing Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan yang Berkemajuan Berbasis K13. Ketiga, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Kelas Inspirasi dan Pendidik Super Kreatif Berbasis K13. Keempat, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran Berbasis K13. Kelima, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Implementasi Pendidikan Berbasis Keterampilan Abad 21 untuk Membangun Jiwa yang Berkarakter. Keenam, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Pendidikan Berkemajuan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Indonesia. Ketujuh, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan. Kedelapan, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Profesionalisme Guru.
Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA) 2017 Sudah Terdaftar dengan Nomor ISSN 2598-6481
SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD
SUB TEMA 1: PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL
KURIKULUM 2013 DALAM MERAJUT PENDIDIKAN KARAKTER
Anggun Dwi Setya Putri – Universitas PGRI Semarang
PERENCANAAN PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR
Boby Gunawan1, Budhi Setiawan2, dan Muhammad Rohmadi3 – Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS BUDAYA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER KEBANGSAAN
Eni Kurniawati – Universitas Negeri Yogyakarta
PENERAPAN KURIKULUM 2013 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL MELALUI “TARI SEKAPUR SIRIH”, JAMBI
Febrina Crismonika – Universitas Ahmad Dalhlan
PENERAPAN KURIKULUM 2013 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL UNTUK ANAK USIA DINI
Khusnul Khotimah – Universitas Ahmad Dahlan
PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Nabila Karimah Dewi – Universitas Ahmad Dahlan
DOLANAN ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM KURIKULUM 2013
Novi Indriyani – Universitas Ahmad Dahlan
UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
Nurlaela – Universitas Ahmad Dahlan
MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL MOBIL-MOBILAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
Nur Tanfidiyah – UIN Sunan Kalijaga
PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL PAUD TK ABA SENOWO
Parjiyah – Universitas Ahmad Dahlan
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN SEBAGAI BUDAYA LOKAL DALAM PENERAPAN KURIKULUM 13
Parti Wasiyatun – Universitas Ahmad Dahlan
PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH BERBASIS PESANTRENPADA ABAD 21
Siti Anisah – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013
Susetya Diah Lestari – Universitas Ahmad Dahlan
PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL MENGEMBANGKAN KARAKTER YANG KUAT, GIGIH, KREATIF, DAN INOVATIF MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vita Dewi Permatasari – Universitas Ahmad Dahlan
SUB TEMA 2: PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA MELALUI PENDIDIKAN YANG BERKEMAJUAN BERBASIS K13
MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM PEMBELAJARAN PAUD
Ariska Meta Daniati – Universitas Ahmad Dahlan
“CRY JAILOLO” PENDIDIKAN SENI MASYARAKAT BERORIENTASI LOKAL BERDAYA SAING INTERNASIONAL
Heni Siswantari – Universitas Ahmad Dahlan
KONEKSITAS NILAI-NILAI PANCA JIWA DALAM MENGOPTIMALKAN PENDIDIKAN YANG BERDAYA SAING
Imam Setyo Nugroho1, Anissah Fadila Taharani2, Rizka Eliza P3, Nurul Azizah3 – Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
KEBUTUHAN GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BACA DAN TULIS TINGKAT PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR
Supriyadi1, Dwi Yulianti2, Munaris3 – Universitas Lampung
PAUD SEBAGAI FONDASI PENDIDIKAN BERKEMAJUAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
Tsabita Naila Ulinnuha – Universitas Ahmad Dahlan
ANALISA TINGKAT KONDISI FISIK MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
Zulbahri – Universitas Pasir Pengaraian
SUB TEMA 3: KELAS INSPIRASI DAN PENDIDIK SUPER KREATIF BERBASIS K13
STRATEGI PENDIDIKAN ABAD 21 MELALUI PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA GENERASI Z
Andicha Dian Saputra1 dan Nindiya Eka Safitri2 – Universitas Ahmad Dahlan
OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM MEMPERKENALKAN MAKANAN LOKAL SEJAK USIA DINI
Dwi Isnawati – Universitas Ahmad Dahlan
INDONESIA MUTIARA PENDIDIKAN DENGAN GURU SUPER KREATIF UNTUK MENCIPTAKAN KELAS INSPIRATIF BERBASIS KURIKULUM 2013
Nurika Miftahuljannah – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL
Raudia Utami – Universitas Ahmad Dahlan
URGENSI KECERDASAN SOSIAL (SOCIAL INTELLIGENT) BAGI ANAK USIA DINI
Rika Sa’diyah – Universitas Muhammadiyah Jakarta
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Septina Severina Lumbantobing – Universitas Kristen Indonesia
PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENYIAPKAN CALON PENDIDIK MENGHADAPI KURIKULUM 2013
Vera Yuli Erviana – Universitas Ahmad Dahlan
SUB TEMA 4: MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS K13
TRANSFORMASI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TULISAN SISWA SMP MENGGUNAKAN MULTIMEDIA KOMPUTER DALAM MATERI STRUKTUR BUMI
Anggi Hanif Setyadin – Universitas Pendidikan Indonesia
KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS VEGETASI STRATA HERBA DI PANTAI PELANGI PARANGTRITIS YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
Ani Triana1, Trikinasih Handayani2 – Universitas Ahmad Dahlan
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN YANG BERBASIS K13TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
Dewi Kusuma Astuti – Universitas Ahmad Dahlan
STUDI ETNOBOTANI & UPAYA PELESTARIAN POHON DI SEKITAR KRATON YOGYAKARTA
Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro – Universitas Ahmad Dahlan
TREASURE KIDS SMART SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Hengkang Bara Saputro – Universitas Ahmad Dahlan
INTEGRASI SOFTWARE PREZI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR
Nyai Cintang – Universitas PGRI Semarang
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENUNJANG KURIKULUM 2013
Ragil Dian Purnama Putri – Universitas Ahmad Dahlan
PENGEMBANGAN MODUL SAINS BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN UNTUK MAHASISWA PGSD UAD
Siwi Purwanti – Universitas Ahmad Dahlan
SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN ICT
Syariful Fahmi1, Soffi Widyanesti P.2 – Universitas Ahmad Dahlan
ZAMAN SEKARANG PENDIDIK PAUD GAGAP TEKNOLOGI APA KATA DUNIA
Wahyu Widiastuti – Universitas Ahmad Dahlan
ANALISIS VEGETASI STRATA HERBA DI ZONA INTI GUMUK PASIR DESA PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Wisnu Sili Widyantoro1 dan Trikinasih Handayani2 – Universitas Ahmad Dahlan
DESKRIPSI PENANAMAN SIKAP SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS
Abdul Azis1, Ade Irma Suriani2, dan Andi Harmiah Tannang3 – Universitas Muhammadiyah Makassar1,2, MI Al Abrar Makassar3
PENANAMAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI PROSES SAINTIFIK ADA KURIKULUM 2013 PAUD
Anita Chandra Dewi Sagala1 dan Rosdina Sari2 – Universitas PGRI Semarang
PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI ANATOMI DAN FISIOLOGI TUBUH MANUSIA
Dewi Lengkana1; Francisca Tapilouw2, dan Ana Ratnawulan3 – Universitas Lampung1, Universitas Pendidikan Indonesia2,3
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU PAUD DI ABAD 21
Dwi Wahyuning Haryanto – Universitas Ahmad Dahlan
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GENERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
Fitri Indriani1 dan Nur Intan Septiani2 – Universitas Ahmad Dahlan
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM MATERI JAMUR DI KELAS X SMA
Jumi Supriyati1, Mohammad Joko Susilo2, dan Nani Aprilia3 – Universitas Ahmad Dahlan
PEMBANGUN KARAKTER ANAK BANGSA YANG TIDAK BERKARAKTER
Martiningsih – Universitas Ahmad Dahlan
BUDAYA LITERASI GURU SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Mira Azizah – Universitas PGRI Semarang
MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) UNTUK PENDIDIKAN BERKEMAJUAN
Novya Herlina – Universitas Ahmad Dahlan
OPTIMALISASI PENDIDIKAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MEMBANGUN JIWA SISWA YANG BERKARAKTER
Rahmat Pamuji – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
PENDIDIK AUD BERKARAKTER UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI EMAS BANGSA
Suharti – Universitas Ahmad Dahlan
MODEL PENGINTEGRASIAN NILAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI (PAK) DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
Taufik Muhtarom – Universitas PGRI Yogyakarta
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN LGBT PADA REMAJA
Tri Ermayani1 dan Nasrudin2 – Universitas Muhammadiyah Purworejo
STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DALAM PENGEMBANGAN SELF-KNOWLEDGE PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Vivi Lutfiyani1 dan Caraka Putra Bhakti2 – Shadow Teacher Olifant Elementary School1, Universitas Ahmad Dahlan2
ANDAI PENDIDIKAN KARAKTER JUGA JADI SYARAT PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI JENJANG SEKOLAH DASAR
Yulia Styaningrum – Universitas Ahmad Dahlan
SUB TEMA 6: PENDIDIKAN BERKEMAJUAN UNTUK MENINGKATAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
PENDIDIKAN BERBASIS LOCAL WISDOM DAN LIFELONG LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
Alhafizh Mahardika – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
PEMBELAJARAN KONSEP KEWARGANEGARAAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2006 UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI
Delila Kania – Universitas Pasundan Bandung
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA DALAM PENDIDIKAN MELALUI GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Erin Siwi Arumpaka – Universitas Ahmad Dahlan
PENDIDIKAN BERKEMAJUAN MELALUI NILAI TRI KOMPETENSI (HUMANIS, RELIGIUS, INTELEKTUAL) DALAM MEMBENTUK PRIBADI BERDAYA SAING
Nedi Kurnaedi1 dan Uswatun Chasanah2 – Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
SUB TEMA 7: PENDIDIKAN ABAD 21 YANG BERKEMAJUAN UNTUK MENGATASI DEGRADASI PENDIDIKAN
PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Amaliyah Ulfah – Universitas Ahmad Dahlan
KEBIASAAN ANAK GENERASI Z
Atika Cahyaning Putri – Universitas Ahmad Dahlan
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG BERKEMAJUAN ABAD 21 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) UNTUK MENGATASI DEGRADASI MORAL DAN INTELEKTUAL
Atika Putri Nadhra – Universitas Ahmad Dahlan
Potret Karakteristik Guru Pendidikan Abad 21
Fahrina Yustiasari Liriwati – STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Kesiapan Mengajar Matematika Mahasiswa PGSD UAD dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21
Mukti Sintawati – Universitas Ahmad Dahlan
Mencegah Degradasi Pendidikan Melalui Analisis Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SDN Bangunrejo 2 Kota Yogyakarta
Siti Anafiah1 dan Dinar Westri Andini2 – Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Pembelajaran yang Berkemajuan (Antara Kompetensi Pendidik dan Perkembangan Peserta Didik)
Drs. Suratman – MTs Negeri 5 Trenggalek