Prosiding

PROSIDING SENDIKA 2017

Prosiding ini merupakan produk dari Seminar  Nasional Pendidikan (SENDIKA) 2017 dengan tema Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Abad 21 yang Berkemajuan.

Prosiding ini disajikan menjadi beberapa bagian dari subtema. Pertama, menyajikan Penerapan K13 Berbasis Karakter dan Budaya LokalKedua, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Peningkatan Daya Saing Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan yang Berkemajuan Berbasis K13Ketiga, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Kelas Inspirasi dan Pendidik Super Kreatif Berbasis K13Keempat, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran Berbasis K13Kelima, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Implementasi Pendidikan Berbasis Keterampilan Abad 21 untuk Membangun Jiwa yang BerkarakterKeenam, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Pendidikan Berkemajuan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa IndonesiaKetujuh, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan. Kedelapan, menyajikan artikel yang berkaitan dengan Profesionalisme Guru.

Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA) 2017 Sudah Terdaftar dengan Nomor ISSN 2598-6481

issn


SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD

COVER DEPAN

DEWAN REDAKSI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

COVER BELAKANG

SUB TEMA 1: PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL

KURIKULUM 2013 DALAM MERAJUT PENDIDIKAN KARAKTER
Anggun Dwi Setya Putri – Universitas PGRI Semarang

PERENCANAAN PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI  DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR
Boby Gunawan1, Budhi Setiawan2, dan Muhammad Rohmadi3 – Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS BUDAYA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER KEBANGSAAN
Eni Kurniawati – Universitas Negeri Yogyakarta

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL MELALUI “TARI SEKAPUR SIRIH”, JAMBI
Febrina Crismonika – Universitas Ahmad Dalhlan

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL UNTUK ANAK USIA DINI
Khusnul Khotimah – Universitas Ahmad Dahlan

PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Nabila Karimah Dewi – Universitas Ahmad Dahlan

DOLANAN ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM KURIKULUM 2013
Novi Indriyani – Universitas Ahmad Dahlan

UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
Nurlaela – Universitas Ahmad Dahlan

MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL MOBIL-MOBILAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
Nur Tanfidiyah – UIN Sunan Kalijaga 

PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL PAUD TK ABA SENOWO
Parjiyah – Universitas Ahmad Dahlan

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN SEBAGAI BUDAYA LOKAL DALAM PENERAPAN KURIKULUM 13
Parti Wasiyatun – Universitas Ahmad Dahlan

PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH BERBASIS PESANTRENPADA ABAD 21
Siti Anisah – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013
Susetya Diah Lestari – Universitas Ahmad Dahlan

PENERAPAN K13 BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL MENGEMBANGKAN KARAKTER YANG KUAT, GIGIH, KREATIF, DAN INOVATIF MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vita Dewi Permatasari – Universitas Ahmad Dahlan

SUB TEMA 2: PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA MELALUI PENDIDIKAN YANG BERKEMAJUAN BERBASIS K13

MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM PEMBELAJARAN PAUD
Ariska Meta Daniati – Universitas Ahmad Dahlan

“CRY JAILOLO” PENDIDIKAN SENI MASYARAKAT BERORIENTASI LOKAL BERDAYA SAING INTERNASIONAL
Heni Siswantari – Universitas Ahmad Dahlan

KONEKSITAS NILAI-NILAI PANCA JIWA DALAM MENGOPTIMALKAN PENDIDIKAN YANG BERDAYA SAING
Imam Setyo Nugroho1, Anissah Fadila Taharani2, Rizka Eliza P3, Nurul Azizah3 – Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

KEBUTUHAN GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BACA DAN TULIS  TINGKAT PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR
Supriyadi1, Dwi Yulianti2, Munaris3 – Universitas Lampung

PAUD SEBAGAI FONDASI PENDIDIKAN BERKEMAJUAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
Tsabita Naila Ulinnuha – Universitas Ahmad Dahlan

ANALISA TINGKAT KONDISI FISIK MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
Zulbahri – Universitas Pasir Pengaraian

SUB TEMA 3: KELAS INSPIRASI DAN PENDIDIK SUPER KREATIF BERBASIS K13

STRATEGI PENDIDIKAN ABAD 21 MELALUI PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA GENERASI Z
Andicha Dian Saputra1 dan Nindiya Eka Safitri2 – Universitas Ahmad Dahlan

OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM MEMPERKENALKAN MAKANAN LOKAL SEJAK USIA DINI
Dwi Isnawati – Universitas Ahmad Dahlan

INDONESIA MUTIARA PENDIDIKAN DENGAN GURU SUPER KREATIF UNTUK MENCIPTAKAN KELAS INSPIRATIF BERBASIS KURIKULUM 2013
Nurika Miftahuljannah – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL
Raudia Utami – Universitas Ahmad Dahlan

URGENSI KECERDASAN SOSIAL (SOCIAL INTELLIGENT) BAGI ANAK USIA DINI
Rika Sa’diyah – Universitas Muhammadiyah Jakarta

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Septina Severina Lumbantobing – Universitas Kristen Indonesia

PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENYIAPKAN CALON PENDIDIK MENGHADAPI KURIKULUM 2013
Vera Yuli Erviana – Universitas Ahmad Dahlan

SUB TEMA 4: MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS K13

TRANSFORMASI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TULISAN SISWA SMP MENGGUNAKAN MULTIMEDIA KOMPUTER DALAM MATERI STRUKTUR BUMI
Anggi Hanif Setyadin – Universitas Pendidikan Indonesia

KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS VEGETASI STRATA HERBA DI PANTAI PELANGI PARANGTRITIS YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
Ani Triana1,  Trikinasih Handayani2 – Universitas Ahmad Dahlan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN YANG BERBASIS K13TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
Dewi Kusuma Astuti – Universitas Ahmad Dahlan

STUDI ETNOBOTANI & UPAYA PELESTARIAN POHON DI SEKITAR KRATON YOGYAKARTA
Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro – Universitas Ahmad Dahlan

TREASURE KIDS SMART SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Hengkang Bara Saputro – Universitas Ahmad Dahlan

INTEGRASI SOFTWARE PREZI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR
Nyai Cintang – Universitas PGRI Semarang

PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENUNJANG KURIKULUM 2013
Ragil Dian Purnama Putri – Universitas Ahmad Dahlan

PENGEMBANGAN MODUL SAINS BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN UNTUK MAHASISWA PGSD UAD
Siwi Purwanti – Universitas Ahmad Dahlan

SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN ICT
Syariful Fahmi1, Soffi Widyanesti P.2 – Universitas Ahmad Dahlan

ZAMAN SEKARANG PENDIDIK PAUD GAGAP TEKNOLOGI APA KATA DUNIA
Wahyu Widiastuti – Universitas Ahmad Dahlan

ANALISIS VEGETASI STRATA HERBA DI ZONA INTI GUMUK PASIR DESA PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Wisnu Sili Widyantoro1 dan Trikinasih Handayani2 – Universitas Ahmad Dahlan

SUB TEMA 5: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MEMBANGUN JIWA YANG BERKARAKTER

DESKRIPSI PENANAMAN SIKAP SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS
Abdul Azis1, Ade Irma Suriani2,  dan Andi Harmiah Tannang3 – Universitas Muhammadiyah Makassar1,2, MI Al Abrar Makassar3

PENANAMAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI PROSES SAINTIFIK ADA KURIKULUM 2013 PAUD
Anita Chandra Dewi Sagala1 dan Rosdina Sari2 – Universitas PGRI Semarang

PENGARUH IMPLEMENTASI  PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP PENGUASAAN  KONSEP  MATERI ANATOMI DAN FISIOLOGI TUBUH MANUSIA
Dewi Lengkana1;  Francisca Tapilouw2, dan  Ana Ratnawulan3 – Universitas Lampung1, Universitas Pendidikan Indonesia2,3

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU PAUD DI ABAD 21
Dwi Wahyuning Haryanto – Universitas Ahmad Dahlan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GENERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
Fitri Indriani1 dan Nur Intan Septiani2 – Universitas Ahmad Dahlan

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM MATERI JAMUR DI KELAS X SMA
Jumi Supriyati1, Mohammad Joko Susilo2, dan Nani Aprilia3 – Universitas Ahmad Dahlan

PEMBANGUN KARAKTER ANAK BANGSA YANG TIDAK BERKARAKTER
Martiningsih – Universitas Ahmad Dahlan

BUDAYA LITERASI GURU SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Mira Azizah – Universitas PGRI Semarang

MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) UNTUK PENDIDIKAN BERKEMAJUAN
Novya Herlina – Universitas Ahmad Dahlan

OPTIMALISASI PENDIDIKAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MEMBANGUN JIWA SISWA YANG BERKARAKTER
Rahmat Pamuji – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

PENDIDIK AUD BERKARAKTER UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI EMAS BANGSA
Suharti – Universitas Ahmad Dahlan

MODEL PENGINTEGRASIAN NILAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI (PAK) DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
Taufik Muhtarom – Universitas PGRI Yogyakarta

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN LGBT PADA REMAJA
Tri Ermayani1 dan Nasrudin2 – Universitas Muhammadiyah Purworejo

STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DALAM PENGEMBANGAN SELF-KNOWLEDGE PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Vivi Lutfiyani1 dan Caraka Putra Bhakti2 – Shadow Teacher Olifant Elementary School1, Universitas Ahmad Dahlan2

ANDAI PENDIDIKAN KARAKTER JUGA JADI SYARAT PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI JENJANG SEKOLAH DASAR
Yulia Styaningrum – Universitas Ahmad Dahlan

SUB TEMA 6: PENDIDIKAN BERKEMAJUAN UNTUK MENINGKATAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA

PENDIDIKAN BERBASIS LOCAL WISDOM DAN LIFELONG LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA INDONESIA
Alhafizh Mahardika – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

PEMBELAJARAN KONSEP KEWARGANEGARAAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2006  UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI
Delila Kania – Universitas Pasundan Bandung

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA DALAM PENDIDIKAN MELALUI GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Erin Siwi Arumpaka – Universitas Ahmad Dahlan

PENDIDIKAN BERKEMAJUAN MELALUI NILAI TRI KOMPETENSI (HUMANIS, RELIGIUS, INTELEKTUAL) DALAM MEMBENTUK PRIBADI BERDAYA SAING
Nedi Kurnaedi1 dan Uswatun Chasanah2 – Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

SUB TEMA 7: PENDIDIKAN ABAD 21 YANG BERKEMAJUAN UNTUK MENGATASI DEGRADASI PENDIDIKAN

PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Amaliyah Ulfah – Universitas Ahmad Dahlan

KEBIASAAN ANAK GENERASI Z
Atika Cahyaning Putri – Universitas Ahmad Dahlan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG BERKEMAJUAN ABAD 21 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) UNTUK MENGATASI DEGRADASI MORAL DAN INTELEKTUAL
Atika Putri Nadhra – Universitas Ahmad Dahlan

Potret Karakteristik Guru Pendidikan Abad 21
Fahrina Yustiasari Liriwati – STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Kesiapan Mengajar Matematika Mahasiswa PGSD UAD dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21
Mukti Sintawati – Universitas Ahmad Dahlan

Mencegah Degradasi Pendidikan Melalui Analisis Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusif  di SDN Bangunrejo 2 Kota Yogyakarta
Siti Anafiah1 dan Dinar Westri Andini2 – Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Pembelajaran yang Berkemajuan (Antara Kompetensi Pendidik dan Perkembangan Peserta Didik)
Drs. Suratman – MTs Negeri 5 Trenggalek